SELAMAT HARI JADI KE - 727 KABUPATEN TUBAN

Artikel

Meningkatkan Antusiasme Ekowisata Di Masa Pandemi Covid-19, Ngino Bersinergi Dengan Unirow dan UB

22 November 2021 10:23:21  Admin  273 Kali Dibaca  Berita Desa

                Ngino-semanding.desa.id. Masih dalam masa pandemi Covid-19, salah satu sektor yang mencoba bangkit adalah sektor pariwisata. Berbagai upaya dan promosi kembali gencar digalakkan guna menarik minat wisatawan. Begitu juga dengan Wisata Sendang Asmoro, Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, salah satu upayanya untuk bangkit dan terus berkembang adalah dengan berkolaborasi dengan Universitas Ronggolawe Tuban (Unirow) dan Universitas Brawijaya Malang. Dalam program kerja Dosen berkarya, pada Sabtu (2/ 10/2021) bertempat di Aula Wisata Sendang Asmoro telah diadakan pertemuan dengan tema Strategi Pengelolaan Potensi Desa untuk Meningkatkan Antusiasme Ekowisata Dimasa Pandemi Covid-19.

            Hadir dalam acara tersebut yaitu Rektor Unirow Tuban, Dekan FMIPA Unirow, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga yg diwakili Kabid Pariwisata (Suwanto), Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB  (Muhasan), Camat Semanding diwakili Pak Sekcam (Singgih), serta Nara sumber Prof Amin Setyo Leksono S.Si, M.Si, Ph. D ( Guru Besar Universitas Brawijaya Bidang Ekologi dan Entomologi ) dan Prof. Dr. Ir. Harsuko Riniwati MS. (Guru Besar Universitas Brawijaya, Bidang Ekonomi Sumberdaya Manusia dan Lingkungan ).

                Kegiatan bertujuan untuk memberi perspektif baru bagi pelaku wisata di Tuban khususnya Sendang Asmoro sehingga punya alternatif dalam memberi layanan wisata yang solutif di masa pandemi yang menggambarkan kebutuhan wisatawan sehingga perekonomian segera bisa pulih seperti sediakala bahkan berkembang lebih baik dan maju.

              Dalam kesempatannya Kabid Pariwisata Kabupaten Tuban, Suwanto mengatakan peran Perguruan Tinggi perlu terus ditingkatkan untuk mengakselerasi pembangunan desa yang kolaboratif.

               “ Unirow akan terus berupaya menjadi mitra strategis bagi Pemkab Tuban dengan mendistribusi SDM yang dimiliki untuk membantu transfer of knowledge dan technology ke masyarakat melalui berbagai program yang sudah disiapkan “, terang Rektor Unirow.

                  Wawan Hariyadi, Kepala Desa Ngino dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya atas kolaborasi tersebut karena hadirnya Akademisi ke Sendang Asmoro merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Ini sebagai bentuk implementasi pembangunan yang kolaboratif sesuai prinsip pethahelix (akademisi) yang sudah lama dicita-citakan.

              Selain memberikan materi terkait wisata nara sumber juga memberi informasi terkait program-program kemitraan dari Kemendiknas yang bisa diakses Desa (mitra) dan Perguruan Tinggi untuk membantu mempercepat pembangunan wisata di desa dengan pembiayaan dari APBN.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Website Resmi Tuban
Taprose Temanku
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
MPP Tuban
DTKS Kemensos
Prodeskel

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Dermawuharjo No. 19 Semanding
Desa : Ngino
Kecamatan : Semanding
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62381
Telepon :
Email : desangino@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:160
    Kemarin:452
    Total Pengunjung:303.379
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.206.14.36
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 143.401 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 143.398 Kali
Visi dan Misi
29 Juli 2013 | 143.395 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
24 Agustus 2016 | 143.395 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 143.394 Kali
RT RW
29 Juli 2013 | 143.392 Kali
Sekretariat Desa
29 Juli 2013 | 143.391 Kali
Lembaga Kemasyarakatan