SELAMAT HARI JADI KE - 727 KABUPATEN TUBAN

Artikel

Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat ( LPM ) Gapoktan Tani Makmur Desa Ngino

22 Maret 2022 12:07:00  Admin  104 Kali Dibaca  Berita Desa

Ngino-semanding.desa.id. Kabid Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban meresmikan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat ( LPM ) Gapoktan Tani Makmur Desa Ngino Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jum’at ( 17/03/2022 ). LPM ini merupakan program bantuan dan fisik Kabupaten Tuban Tahun Anggaran 2021 yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN).

Lumbung pangan masyarakat merupakan sarana fisik untuk menyimpan gabah atau beras sebagai sumber cadangan pangan. Keberadaan LPM sangat penting dalam memenuhi penyediaan pangan dan memberikan kemudahan akses pangan masyarakat.  Juga untuk antisipasi saat terjadi bencana alam, bencana sosial, dan kemungkinan – kemungkinan lain.

Hadir dalam acara peresmian yaitu Kabid dan Jajaran dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Dan Perikanan Kabupaten Tuban, Camat Semanding, Koordinator Penyuluh dan penyuluh Kecamatan Semanding, Kepala Desa Ngino, Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Seluruh Ketua Kelompok Tani Desa Ngino, Pengurus Gapoktan Desa Ngino.

Acara peresmian dibuka dengan sambutan oleh Ketua Gapoktan Tani Makmur Desa Ngino yang diwakili oleh Koordinator Penyuluh Pertanian, Bapak Sunardi. Beliau mendeskripsikan keadaan Gedung LPM. Sebelah timur adalah gudang tempat penyimpanan gabah atau beras, sebelah barat adalah alat penggiling padi. Dalam kesempatan beliau memohon doa agar bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Wawan Hariyadi, Kepala Desa Ngino berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Ditengah situasi yang serba sulit seperti sekarang ini, petani semakin kalah terkait harga jual hasil panen yang mana setiap kali musim panen tiba, harga jual menjadi  jatuh atau nilainya rendah. Dengan adanya LPM diharapkan bisa dimanfaatkan petani untuk survive mendapatkan kestabilan harga dan peningkatan produksi pangan yang berdampak pada kesejahteraan petani.

Lumbung pangan ini harus terus ditingkatkan cadangannya untuk menjamin seluruh warga tercukupi kebutuhannya. Tidak spesifik hanya untuk masyarakat Desa Ngino melainkan untuk menjangkau lingkup yang lebih luas yaitu masyarakat Tuban, bahkan luar kota maupun nasional.

Pengelolaan LPM ini bersifat kontraktual. Artinya Kerjasama antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten. Pemdes menjembatani dan Pemkab memfasilitasi sehingga mata rantainya terjaga.

Diakhir acara, Kabid Ketahanan Pangan, Lamidi, SE memotong tumpeng dan membunyikan mesin penggiling padi sebagai simbol peresmian LPM. (Admin/LA)

 

#Nginobestari

#Nginoloman

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Website Resmi Tuban
Taprose Temanku
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
MPP Tuban
DTKS Kemensos
Prodeskel

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Dermawuharjo No. 19 Semanding
Desa : Ngino
Kecamatan : Semanding
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62381
Telepon :
Email : desangino@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:346
    Kemarin:467
    Total Pengunjung:283.027
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.50.252
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 131.624 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 131.622 Kali
Visi dan Misi
29 Juli 2013 | 131.619 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
24 Agustus 2016 | 131.619 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 131.618 Kali
RT RW
29 Juli 2013 | 131.616 Kali
Sekretariat Desa
29 Juli 2013 | 131.615 Kali
Lembaga Kemasyarakatan