SELAMAT HARI JADI KE - 727 KABUPATEN TUBAN

Artikel

Nguri-Uri Budaya Jawa, Desa Ngino Gelar Tradisi Keleman

08 Maret 2022 11:41:19  Admin  94 Kali Dibaca  Berita Desa

Ngino-semanding.desa.id. Hari minggu ( 6/3/2022 ) Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban punya gawe. Masyarakat Desa Ngino melaksanakan tradisi setiap satu tahun sekali dalam setiap musim tanam padi yaitu Keleman atau ngrujak’i pari.

Keleman adalah salah satu tradisi yang terus dilakukan untuk mempertahankan kearifan lokal dan melestarikan warisan budaya yang diturunkan oleh nenek moyang. Keleman merupakan ungkapan rasa syukur dari para petani. Dengan memanjatkan do’a dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tanaman padi mereka bisa tumbuh subur dijauhkan dari gangguan hama dan penyakit serta agar nantinya bisa menghasilkan produksi panen yang maksimal yang penuh dengan keberkahan. Keleman dilakukan pada saat tanaman padi mulai meteng  ( merunduk atau mendekati panen ).

Prosesi keleman dilaksanakan di Sendang Asmoro yang merupakan pusat atau sumber mata air sebagai irigasi. Para petani dengan begitu antusias berkumpul dengan membawa uba rampe berupa tumpeng besar atau ember besar berisi nasi putih, nasi kuning (punar) beserta aneka lauk seperti ayam panggang atau ayam goreng, olahan ikan air tawar, lodeh dll. Serta dilengkapi dengan polo pendem seperti ubi, singkong, talas, dll yang berasal dari hasil kebun petani sendiri. Ada yang menarik dalam keleman yaitu jajanan pleret atau uler-uleran yang dihias berwarna warni yang merupakan simbol tanaman padi. Tak ketinggalan, rujak juga wajib ada.

Hadir dalam kegiatan keleman yaitu Kepala Desa Ngino, Camat Semanding yang diwakili Kasi Kesra, Bakesbangpol dan OPD Disparbudpora, Perangkat Desa Ngino, Babinsa, Bhabinkamtibmas, , beberapa media cetak dan media online, media TV, Tokoh Agama dan Sesepuh Desa, serta Petani Desa Ngino .

Tradisi keleman sendiri dipimpin oleh Sesepuh Desa Ngino dengan memanjatkan do’a dan diaminkan bersama seluruh yang hadir. Selanjutnya dilakukan purak’an atau makan tumpeng bersama, tetapi harus disisihkan sedikit untuk dibawa ke sawah untuk disawur ke tanaman padi.

Dihari yang sama ditempat terpisah juga dilaksanakan keleman di Dusun Janten Desa Ngino. Acara berlangsung di sumber mata air sendang kali Janten. (Admin/LA)

 

#Nginobestari

#Nginoloman

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Website Resmi Tuban
Taprose Temanku
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
MPP Tuban
DTKS Kemensos
Prodeskel

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Dermawuharjo No. 19 Semanding
Desa : Ngino
Kecamatan : Semanding
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62381
Telepon :
Email : desangino@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:319
    Kemarin:467
    Total Pengunjung:283.000
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.50.252
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel