09 September 2017 08:45:16
Ditulis oleh Admin

Penilaian Lomba Adikarya Pangan Nusantara Tingkat Propinsi Jawa Timur

Rabu (30/08/2017) Tim Penilai Penghargaan Adikarya Pangan Nusantara Tingkat Propinsi Jawa Timur mengunjungi Graha Widya Kirana Balai Desa Ngino Kecamatan Semanding. Tim dari Dinas Pertanian Jawa Timur ini berkunjung dalam rangka menilai Desa Ngino yang mewakili Kabupaten Tuban dalam ajang lomba bidang pangan tingkat Propinsi.

Desa Ngino terpilih mewakili kota bumi wali karena dipandang sebagai pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku pembangunan ketahanan pangan, pelayanan ketahanan pangan dan pembina ketahanan pangan terbaik.

Lomba ini merupakan sebuah apresiasi bagi upaya dan prestasi luar biasa yang dicapai desa dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan pada berbagai tingkatan dan jenis usaha.

"Tujuan pemberian penghargaan untuk menumbuhkan dan mendorong semangat kreatifitas serta partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dan memotivasi dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan di daerah," kata dia.

Penghargaan APN sudah dilaksanakan sejak 1979 melalui perlombaan intensifikasi pertanian dan terus disempurnakan sesuai dengan kondisi dan perkembangan zaman, khususnya di bidang ketahanan pangan.

Penghargaan yang dikoordinasikan oleh Dewan Ketahanan Pangan ini merupakan penghargaan prestige karena untuk memperolehnya melalui proses panjang mulai dari verifikasi di tingkat kabupaten, terus diprovinsi sampai ke tingkat pusat.

 


Kategori
comments powered by Disqus