02 Oktober 2019 21:06:19
Ditulis oleh Admin

DESA NGINO : MENUJU KAMPUNG IDAMAN BERSERI ( KIB 2019 )

             Ngino-Semanding. Rabu (2/10/19) bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Desa Ngino khusunya RT 01 RW 02 Dusun Ngino Krajan kedatangan tamu dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban, didampingi Camat Semanding, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan anggotanya sebagai Tim Penilai lomba Kampung Idaman Berseri ( KIB ).

      Kampung Idaman Berseri ( KIB ) adalah Program yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Lingkungan Hidup yang bertujuan demi terwujudnya lingkungan  di Kabupaten Tuban yang indah, nyaman, bersih dan lestari. Sebelumnya program tersebut hanya menyasar lingkup kota/kelurahan, namun pada tahun 2018 Kampung Idaman Berseri mulai menyasar sampai ke desa-desa yang berada di kecamatan. Salah satu perwakilan dari Kecamatan Semanding adalah Desa Ngino.

            Penyambutan terhadap Tim Penilai dilakukan di kompleks RT 01 RW 02 tepatnya di perempatan jalan Dermawuharjo. Penyambutan dilakukan oleh Bunda – bunda PAUD dengan menyanyikan yel – yel seru. Pun juga sama halnya dengan kostum yang digunakan terlihat seru karena berasal dari daur ulang sampah plastik yang dikreasikan menjadi set baju cantik.

           “Kami menyadari bahwa Ngino sebenarnya belum lah apa – apa. Tetapi kami siap menjawab tantangan yang diberikan Pak Camat untuk turut mengikuti lomba KIB ini. Menang atau kalah adalah hal yang mutlak ada dalam setiap perlombaan, tetapi prioritas kami bukanlah itu. Kami menyikapi lomba KIB ini adalah sebagai motivasi untuk membangun Ngino kearah lebih baik dalam menjaga lingkungan. Oleh karenanya kami berharap masukan dari Bapak Ibu Tim Penilai,” ujar Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi dalam sambutannya.

          Banyak hal ditampilkan dalam kesempatan kali ini, diantaranya bazar hasil kreasi daur ulang barang bekas menjadi kreasi yang bernilai jual, senam pra lansia, dan juga tarian Sajojo, serta praktik pembuatan kompos organik, dan masih banyak lagi.

          Penilaian meliputi banyak aspek, diantaranya kelembagaan ( data kepengurusan RT ) serta partisipasi masyarakat, pengelolaan saluran / drainase, pengelolaan jalan lingkungan, kondisi lingkungan pemukiman, pengelolaan sampah / pemilahan sampah ( 3R) bank sampah dan pembuatan pupuk organik, kondisi penghijauan di lingkungan RT ( pohon peneduh dan tanaman / bunga ), pengelolaan toga / tanaman organik produktif ( sayur mayur ).

    RT 01 RW 02 mengusung visi ‘Terwujudnya Masyarakat Yang Mencintai Lingkungan’. Dengan misi menumbuhkembangkan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan demi terciptanya lingkungan idaman yang bersih, indah, nyaman, dan lestari.

           Kunci keberhasilan Program Kampung Idaman Berseri adalah keaktifan masyarakat / kader lingkungan di masing-masing RT termasuk kesadaran akan pentingnya lingkungan bersih dan indah, sehingga kegiatan ini menjadi budaya/perilaku peduli lingkungan dan menimbulkan /membangkitkan rasa memiliki dan mencintai lingkungannya.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus