10 Oktober 2019 11:33:04
Ditulis oleh Admin

Kaji Banding Posyandu Desa Tambak Lekok Pasuruan Ke Posyandu Desa Ngino Semanding

             Ngino-Semanding. Desa Ngino, khususnya Taman Posyandu Melati I kedatangan tamu dari luar daerah tepatnya dari Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan dalam rangka melakukan kaji banding taman posyandu, Rabu ( 9/10/19 ). Perangkat Desa, Bidan Desa, kader posyandu, kader-kader kesehatan Desa Ngino, serta Petugas Kesehatan dari Puskesmas Wire menyambut antusias  kedatangan tamu rombongan tersebut.

                Tamu rombongan Kaji Banding terdiri dari 25 orang, termasuk Sekretaris Desa Tambak Lekok, Kaur Keuangan, TP PKK, Bidan Desa, Bidan Puskesmas, serta Kader Posyandu dan kesehatan.

                Kegiatan Kaji Banding yang dilaksanakan di kompleks Polindes tersebut dipandu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban yang dipimpin oleh Kasi Promkes dan Pemmas Dinkes Tuban Windu Budiati.SKM. Acara dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Semanding, Singgih. Kemudian dilanjutkan sambutan –sambutan, penyampaian profil taman posyandu Melati I oleh TP PKK Desa Ngino, dan pemberian cindramata untuk Desa Tambak Lekok. Selanjutnya tamu rombongan diberikan kesempatan untuk meninjau kondisi taman posyandu Melati I baik fisiknya, administrasi, maupun inovasi – inovasi yang dimiliki, juga mengkaji mengenai ketersediaan berbagai layanan kesehatan. Diakhir acara dilakukan sharing dan tanya jawab. Dalam sesi sharing Sekdes Tambak Lekok mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi – inovasi yang dimiliki Desa Ngino.

                “Kami sangat bersyukur bisa melakukan kegiatan Kaji Banding ke Desa Ngino ini. Banyak hal yang kami dapatkan disini. Inovasi – inovasi yang dimiliki Desa Ngino sungguh luar biasa dan belum kami miliki. Salah satu yang paling berkesan adalah kegiatan emo demo dengan 12 modul dimana mampu memberikan gambaran langsung atau penyampaian pesan sederhana dengan cara yang menyenangkan dan tentunya mudah dipahami dan diingat para ibu. Hal –hal semacam ini akan kami terapkan nantinya di desa kami,”ujar Sekdes Tambak Lekok, Saad Abdillah.

                Berawal dari prestasi yang dimiliki Desa Ngino sebagai Pemenang Juara I lomba Posyandu tingkat Kabupaten pada tahun 2017 inilah yang menjadikan dasar dilakukannya Kaji Banding ini.

         Taman Posyandu Melati I mempunyai 12 inovasi, diantaranya simpan pinjam kader, pemberian insentive kader, community feeding centre ( CFC ), pemberian sertifikat bayi ASI eksklusif, pemberian reward balita, kotak pedes ( Peduli Desa Sehat ), arisan balita, pendampingan bumil resti dan balita resti, kompleks kuda bimas, dan gerbungwaburi ( Gerakan Menabung Dua Ribu Per hari )

                Kaji Banding ini diharapkan mampu menjadikan posyandu di Desa Lekok menjadi lebih baik, bisa memotivasi para kader dalam peningkatan dan kemajuan posyandu, meningkatkan kesehatan bayi dan balita, dan menambah ilmu atau peningkatan SDM, serta memajukan desa Tambak Lekok pada umumnya dengan sistem ATM ( amati, tiru, modifikasi ) sesuai keadaan wilayah yang ada.

                Sebelum beranjak pulang, tamu rombongan disuguhi pemandangan asri Wisata Sendang Asmoro sambil menikmati kuliner dan jajanan khas Desa Ngino yang telah disediakan.

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus