24 Maret 2020 17:38:49
Ditulis oleh Admin

Desa Ngino Cegah Corona, Demi Keselamatan Bersama!

                Ngino-Semanding. Kian pesatnya perkembangan virus corona ( Covid 19 ) di Indonesia yang telah menjamah hingga ke pelosok – pelosok Desa dan mampu mengancam keselamatan jiwa siapa saja tanpa terkecuali, telah menjadikannya KLB (Kejadian Luar Biasa) sehingga mendapat perhatian dan penanganan serius baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, termasuk Kabupaten Tuban.

                Berdasarkan surat edaran Bupati Tuban nomor 440/1592/414.103/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease ( Covid-19 ) di Kabupaten Tuban, Pemerintah Desa Ngino tidak tinggal diam. Hal pertama yang telah dilakukan adalah sosialisasi mengenai Virus Corona melalui banner dan dipasang di tempat strategis atau di sekitar Wisata Sendang Asmoro. Selanjutnya Kepala Desa Ngino memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Desa Ngino melalui Kepala Dusun masing – masing. Berikut himbauan yang disampaikan :

  1. Meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan melalui Pola Hidup Bersih Sehat ( PHBS ) dengan rajin cuci tangan      dengan sabun dan air mengalir.Ketika pulang dari manapun, pastikan selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang anggota keluarga lainnya atau memegang benda apapun dirumah.
  2. Memperhatikan pola makan yang dikonsumsi, harus bergizi, dan sehat sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Mengisolasi diri. Menghindari kontak dengan orang lain atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, menghindari  tempat-tempat umum atau kerumunan warga. Lebih baik   diam dirumah, jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan.
  4. Menghimbau agar tidak melakukan perjalanan jauh / keluar kota, untuk mempersempit  penularan Virus corona.
  5. Apabila ada penduduk yang datang dari luar kota / luar negeri supaya lapor ke Kepala RT atau Kepala Dusun agar dilakukan pengawasan dan menentukan langkah – langkah berikutnya.
  6. Bagi yang sedang batuk/pilek agar mengikuti etika dengan menutup saat batuk atau menggunakan masker.

            Kepada masing – masing Kepala RT diharapkan aktif dan tanggap terhadap keadaan warganya, serta tetap menjaga komunikasi yang baik dengan Kepala Dusun dan Pemerintah Desa dalam rangka peningkatan kewaspadaan dan pencegahan terhadap virus corona.

            Kesadaran setiap individu sangatlah penting. Masyarakat diharapkan mau peduli dan menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi anjuran yang diberikan oleh Pemerintah terutama agar berdiam diri dirumah untuk sementara waktu kecuali untuk urusan yang sifatnya penting. Segala upaya ini harus dilakukan secara bersama – sama, bersinergi satu sama lain agar Virus corona stop dan tidak menyebar lagi demi keselamatan bersama.

            Pemerintah Kabupaten Tuban menyediakan layanan call center dengan nomor :

  1. 119 Ext 9
  2. 082 167 119 119 ( Sambungan Layanan 24 Jam Kegawatdaruratan Medis )
  3. 0813 3070 2186 ( dr. Hj. Atik Supartiningsih )
  4. 0816 5476 063 ( H. Abdul Barry, ST )
  5. Alamat Sekretariat Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Jl. Brawijaya No. 3 Tuban.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus