22 Mei 2020 09:45:35
Ditulis oleh Admin

Penyaluran BLT DD Tahap I Oleh Pemerintah Desa Ngino

               Ngino-semanding- Berdasarkan Pasal 8 ayat (1) huruf d dan Pasal 8A Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, guna meringankan beban masyarakat akibat adanya Covid-19 Pemerintah Desa wajib mengalokasikan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ). Dana Desa yang digunakan dalam penanganan Covid-19 untuk BLT DD ini bukanlah merupakan dana tambahan khusus dari Pemerintah melainkan dana desa yang sebelumnya telah ditetapkan dalam APBDes yang sedianya diperuntukkan untuk 4 ( empat ) bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dipangkas dan dialihkan untuk BLT DD.

                Kamis (21/5/2020) bertempat di Balai Desa Ngino, Pemerintah Desa Ngino menyalurkan BLT DD Tahap I kepada 55 KK yang layak menerima. Penyaluran BLT DD Desa Ngino Tahap I ini dihadiri oleh Forkopimka Semanding dan juga Pendamping Desa.

                Besaran BLT DD yang diberikan sebesar Rp. 600.000,00 ( enam ratus ribu rupiah ) per KK selama 3 ( tiga ) bulan dan dimulai pada bulan Mei 2020. Sasaran penerima BLT DD adalah keluarga tidak mampu dengan kriteria :

  1. Kehilangan mata pencaharian/ pekerjaan
  2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis
  3. Bukan penerima bantuan – bantuan lainnya dari Pemerintah ( PKH, BPNT, dll )
  4. Salah satu / lebih anggota keluarganya bukan penerima kartu Pra-Kerja

                Sebelum BLT DD disalurkan, ada serangkaian tahapan yang harus dilakukan. Pertama adalah pembentukan Tim Pendata untuk mendata warga terdampak covid-19 yang layak menerima dan sesuai kriteria yang ada. Hasil pendataan tersebut kemudian dibawa kedalam musyawarah desa yang dipimpin oleh Ketua BPD bersama Perangkat Desa, BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, LPMD, Anggota PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dll untuk dilakukan validasi, verifikasi, finalisasi, dan penetapan calon penerima bantuan BLT DD. Hasil finalisasi penetapan KK penerima BLT DD tersebut kemudian disahkan oleh Camat atas nama Bupati.

                Bapak Camat Semanding, Drs. DANARJI, MM dalam sambutannya menyampaikan pesan agar masyarakat tidak lengah dalam rangka antisipasi penyebaran Covid -19 agar sebisa mungkin tetap jaga jarak dan memanfaatkan bantuan BLT DD ini sebaik mungkin, tidak disalahgunakan untuk hal – hal yang bukan prioritas atau hal – hal tidak penting.

                “Gunakan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan penting. Akhir – akhir ini kita lihat banyak fenoma kerumunan di pusat – pusat perbelanjaan, orang berjubel berbelanja tanpa memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan Pemerintah. Ini sangat disayangkan, fenomena ini terjadi disinyalir setelah BLT DD disalurkan, banyak yang disalahgunakan. Jika ada temuan bahwa benar dana BLT DD digunakan untuk belanja berlebihan yang bukan merupakan kebutuhan prioritas, maka tidak menutup kemungkinan BLT DD akan dicabut dari penerima tsb,” Ujar Camat Semanding.

                Sejalan dengan apa yang disampaikan Camat Semanding, Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi berharap kepada penerima BLT DD ini agar menggunakan bantuannya secara bijak sesuai kebutuhan, terlebih ditengah pandemi covid-19 saat ini. ( Admin/LA)

#nginoloman

#nginosejahtera

               



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus