27 Mei 2020 12:39:50
Ditulis oleh Admin

Ingin Tahu Jenis Bantuan Untuk Warga? Berikut Tranparansi Jenis Bantuan dan Daftar Penerimanya

                Ngino-semanding- Mengingat begitu bervariasinya bantuan dari Pemerintah untuk masyarakat tidak mampu, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini yang mengakibatkan mayoritas warga terdampak khususnya dalam aspek ekonomi. Oleh karena itu Pemerintah Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban memberikan transparansi data Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) atau data penerima  bantuan. Daftar penerima bantuan dapat dengan mudah diketahui warga melalui papan informasi di Balai Desa Ngino atau dapat diakses  melalui Web Desa.

                Bantuan dapat berupa 2 ( dua ) jenis yaitu bantuan rutin atau bantuan yang diberikan secara berkala dan bantuan atas terdampaknya Covid-19. Jenis bantuan yang diberikan secara berkala yang pertama adalah BPNT ( Bantuan Pangan Non Tunai ) dari Kemensos. BPNT adalah bantuan pangan yang diberikan melalui KKS ( Kartu Keluarga Sejahtera ). Setiap KPM yang mendapat bantuan BPNT secara otomatis mempunyai KKS. Didalam KKS tersebut terdapat dana Rp.200.000/bulan yang bisa dicairkan di agen BPNT manapun dengan ketentuan dibelanjakan beras dan atau telur, daging, ikan, dan bahan makanan yang mengandung protein nabati lainnya. Intinya Pemerintah bertujuan agar kebutuhan gizi masyarakat bisa seimbang. Didesa Ngino, jumlah total penerima BPNT adalah 210 KPM.

                Untuk BPNTD ( Bantuan Pangan Non Tunai  Daerah ) juga merupakan bantuan pangan berupa beras senilai Rp. 110.000,- yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban dan juga ada yang dari Baznas Kabupaten Tuban. Jumlah penerima BPNTD Desa Ngino adalah 10 KPM.

                PKH ( Program Keluarga Harapan ), bentuknya adalah uang tunai langsung yang diberikan melalui rekening masing – masing. Bagi KPM PKH ini harus mempunyai minimal satu komponen didalam keluarganya, yaitu ibu hamil, balita, mempunyai anak sekolah SD/SMP/SMA, lansia, dan disabilitas. Jumlah total penerima PKH Desa Ngino adalah 190 KPM.

                JASLUT ( Program Jaminan Sosial Lanjut Usia ) atau dikenal dengan PKH Plus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dalam setahun bantuan PKH Plus ini bisa disalurkan kedalam empat ( 4 ) tahap atau 3 bulan sekali. Setiap tahap KPM menerima Rp. 500.000,- sehingga setiap lansia mendapat Rp. 2.000.000,- / tahun. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban lansia dikeluarga penerima manfaat tersebut. Didesa Ngino penerimanya sebanyak 10 KPM.

                Bantuan LU ( Lanjut Usia ) dari Pemerintah Pusat yang mana bantuannya sebesar Rp. 200.000,- /bulan sehingga dalam setahun KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp. 2.400.000,- yang juga diperuntukkan untuk menyejahterakan lansia.

                Selanjutnya, bantuan bagi masyarakat terdampak covid-19 juga sangat variatif yaitu BST Kemensos ( Bantuan Sosial Tunai Kementerian Sosial ) yang disalurkan melalui Bank Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara dan melalui Kantor Pos senilai Rp.600.000,00/bulan selama 3 ( tiga ) bulan. BLT DD ( Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ), KKS Covid ( sama halnya dengan BPNT ), dan Bantuan Sosial Pangan Provinsi. Ketentuan KPM bantuan – bantuan tersebut adalah warga yang belum mendapat bantuan apapun yang ekonominya terpuruk akibat pandemic Covid-19.

                Jumlah total Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) di Desa Ngino sebanyak 696 KK dari 1058 KK. Artinya hampir 70% warga Desa Ngino telah mendapatkan bantuan. Bagi warga yang ingin mengetahui daftar nama penerima bantuan bisa langsung datang ke Balai Desa dan melihat di papan informasi atau membuka lampiran file dibawah ini. (Admin/LA)

 

#Nginoloman

#Nginosejahtera

               

               



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus