08 September 2020 12:02:13
Ditulis oleh Admin

KAMPUNG KB : Monev Bagi Pengelola Kampung KB Desa Ngino Tahun 2020

                Ngino-Semanding. Sejak ditetapkan menjadi Kampung KB pada tahun 2018, Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban terus melakukan pengembangan program-program kegiatan Kampung KB. Selasa ( 1/9/2020 ) bertempat di Balai Desa Ngino telah dilakukan kegiatan Monitoring Dan Evaluasi ( Monev ) Program Kampung KB bagi Pengelola Kampung KB. Kegiatan yang sedari awal dibina oleh Penyuluh Kampung KB ( PKB  ) Desa Ngino, Dra. Sri Wilujeng berjalan dengan lancar.

                Drs. Hadi Jupri M.Ikom Kasi Pengendalian Penduduk hadir dalam monev tersebut mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban. Mengingat kondisi yang masih diselimuti wabah Covid – 19, jumlah undangan yang hadir adalah maksimal 15 orang yang terdiri dari PKB Kecamatan, perwakilan Perangkat Desa dan Ibu – ibu Kader.

                     Program Kampung KB adalah Program Nasional yang direncanakan langsung oleh Presiden Republik Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari desa atau kelurahan. Program ini sangat strategis dan menjadi pintu gerbang masuknya berbagai aspek pembangunan lintas sektoral, seperti bidang pendidikan, kesehatan, pertania, sosial,dll.

                     Dalam sambutannya, Bapak Hadi menyampaikan kekaguman terhadap Kampung KB Desa Ngino karena dalam waktu singkat Kampung KB Desa Ngino  telah menunjukkan progress yang luar biasa. Semua masyarakat berperan aktif, terlebih untuk Ibu – Ibu. Kegiatan di Kampung KB ini didominasi oleh Ibu – Ibu baik dari PKK, Kader Kesehatan, Pendidik, dll. Dengan bersinergi dan koordinasi yang baik dengan Penyuluh Kampung KB, masyarakat telah maksimal dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, sehingga monev kali ini tidak banyak kekurangan.

                   “ Saya sangat kagum dengan Kampung KB  di Desa Ngino ini, dari 15 Kampung KB yang telah saya datangi, baru Desa Ngino yang menunjukkan kesiapan yang maksimal, salah satunya adalah kesiapan berkas Profil Kampung KB yang sebelumnya tidak saya jumpai di Kampung KB lainnya. Kampung KB Desa Ngino ini siap untuk berpartisipasi dalam Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi,” terang Beliau.

                     Dalam kegiatan monev tersebut, Kepala Desa Ngino Wawan Hariyadi selain memberikan sambutan juga turut menyampaikan profil Kampung KB Desa Ngino dan juga beberapa inovasi ke depan demi kemajuan Desa Ngino.

                     Diakhir kegiatan monev , Drs. Hadi Jupri, M.Ikom didampingi Kepala Desa Ngino dan PKB menuju ke rumah data yang ada disebelah Balai Desa Ngino untuk meninjau sejauh mana kelengkapan data – data di Kampung KB Desa Ngino.

#Nginobestari

#Nginoloman



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus