09 November 2020 12:24:39
Ditulis oleh Admin

Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD ) Desa Ngino Tahun 2020

                Ngino-Semanding. Musyawarah rutin satu tahun sekali, Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD ) Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban dilaksanakan pada hari Senin (9/11/2020) di Balai Desa Ngino. MMD digelar oleh UPTD Puskesmas Wire.

                MMD adalah pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. SMD dilaksanakan satu tahun sekali pada bulan Oktober oleh Ibu- Ibu Kader Posyandu.

                Dari hasil Survei Mawas Diri yang disampaikan oleh Kader Posyandu, Ernawati, prioritas masalah yang ditemukan pada tahun 2020 di Desa Ngino adalah remaja tidak mengikuti posyandu remaja ( 78 % ), disusul dengan permasalahan KB Hormonal ( 69 % ).

                Bidan Desa sekaligus merupakan Petugas Puskesmas Wire, Sunarmi menuturkan sebab posyandu remaja vakum adalah karena anak-anak merasa bosan dengan kegiatan posyandu yang monoton. Selain itu anak-anak juga banyak kegiatan diluar seperti sekolah, bekerja, hingga menikah.

                Menyikapi permasalahan tersebut diatas, Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi menyampaikan solusi atau jalan keluar. Untuk posyandu remaja hendaknya dikemas sedemikian rupa menarik dan berbeda agar anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan, pun juga waktu nya disesuaikan agar anak – anak bisa hadir.

“Harus ada diskusi dua arah antara kader posyandu dan anak – anak. Kita tanya apa maunya mereka dan bagaimana sebaiknya posyandu remaja ini dijalankan agar bisa aktif kembali”

Terkait permasalahan KB hormonal solusi yang dihasilkan adalah diadakannya penyuluhan tentang manfaat dan keuntungan KB non hormonal dan testimoni dari pemakai KB non hormonal.

                Tindak Lanjut Musyawarah Masyarakat Desa, Kader/tokoh masyarakat membantu Kepala Desa menyebarkan hasil musyawarah/MMD berupa rencana kerja penanggulangan masalah kesehatan dan membantu menindaklanjuti untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. (Admin/LA)

#nginoloman

 

 

               

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus