01 Desember 2020 10:31:41
Ditulis oleh Admin

Satu-satunya Desa Di Kecamatan Semanding, Desa Ngino Diresmikan Menjadi Desa Sehat Mata!

            Ngino-semanding.desa.id. Setelah sebelumnya dikukuhkan sebagai Desa Siaga Aktif dan Kampung KB, Senin (30/11/2020) Desa Ngino merupakan satu-satunya Desa di Kecamatan Semanding yang diresmikan sebagai Desa Sehat Mata oleh Camat Semanding, Drs. Danarji, MM.

            Bertempat di Balai Desa Ngino, kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimka Kecamatan Semanding, Perwakilan Komatda Tuban, Tim dari Yayasan Paramitra Jawa Timur, PKM Puskesmas Wire, Kepala Desa Ngino, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Ngino, Bidan Desa, Kader, serta unsur masyarakat lainnya.  

            Inovasi Desa Sehat Mata melalui Gerakan Sehat Mata Masyarakat (Gesermas) di desa tersebut merupakan inisiasi Yayasan Paramita. Desa Sehat Mata merupakan langkah awal mengantisipasi banyaknya gangguan penglihatan. Ini juga merupakan implementasi dari hasil pelatihan kader mata yang mana setiap Desa ditunjuk dua (2) orang. Selanjutnya Desa Sehat Mata dijadikan program kerja oleh Pemerintah Desa.

Desa Sehat Mata ditandai dengan :

  • Seluruh masyarakat memahami dampak dari gangguan penglihatan
  • Seluruh masyarakat bertekad mencegah terjadinya gangguan penglihatan
  • Dipelopori oleh kader/tokoh masyarakat dalam membentuk tim/komite sehat mata
  • Adanya aturan/kebijakan desa yang mendukung
  • Adanya kader dan bidan desa yang terlatih
  • Adanya pengukuhan kader mata oleh Desa

            PKM Puskesmas Wire, Tri Hariyanto yang hadir mewakili Kepala Puskesmas Wire dalam sambutannya menyampaikan hal yang penting dalam Desa Sehat Mata adalah pergerakan Kader harus aktif memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya kesehatan mata. Deteksi dini berupa Screening mata sangat diperlukan demi mencegah banyaknya gangguan penglihatan. Dan apabila terjadi gangguan penglihatan misalnya katarak, maka Kader harus turut memberi motivasi agar penderita mau melakukan pengobatan dan operasi.

            Bidan Desa, Sunarmi yang sekaligus sebagai Ketua Desa Sehat Mata memaparkan materi terkait alur rujukan oleh Kader yaitu masyarakat penderita gangguan penglihatan akan dibina dan diarahkan oleh Kader ke Puskesmas untuk kemudian diberikan treatment atau proses penyembuhan di Rumah Sakit.

            Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini seraya berharap agar kedepan Pemerintah Desa mampu bersinergi dengan berbagai pihak terkait guna pengembangan dan totalitas sebagai Desa Sehat Mata. Pemdes sendiri memberikan dukungan dengan kebijakan anggaran.

        Diakhir acara dilakukan penandatanganan komitmen bersama. (Admin/LA)

           

#nginobestari

#nginoloman

 

           

           

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus