25 November 2021 10:46:31
Ditulis oleh Admin

Asyiknya Belajar Literasi di Wisata Sendang Asmoro

        Ngino-semanding.desa.id. Kemajuan teknologi yang sangat pesat, terutama membludaknya penggunaan handphone sangat berpengaruh pada minat membaca masyarakat khususnya generasi milenial. Hadirnya sosial media, games, dll menjadikan minat membaca semakin menurun. Dampak dari rendahnya minat baca adalah menurunnya mutu pendidikan dan kurangnya pengetahuan sehingga tidak bisa memaksimalkan potensi dalam diri.

          Kegiatan membaca merupakan bagian dari menyerap segala informasi dan menambah wawasan. Budaya membaca harus diasah sejak usia dini. Penting untuk memperkenal anak pada dunia literasi agar tumbuh rasa cinta pada dunia aksara. Semangat inilah yang menjadi motivasi digelarnya Kelas Listerasi” bagi siswa SD Ngino l dan II di Aula Wisata Alam Sendang Asmoro,  Desa Ngino,  Kecamatan Semanding, Tuban, Sabtu (6/11/2021).

          Kades Ngino, Wawan Hariyadi saat membuka acara menyampaikan dengan kegiatan kelas literasi tersebut diharapkan menumbuhkan hobi membaca dan membatasi anak pada handphone.

            “Apalagi di wisata Sendang Asmoro sudah dibangun taman baca. Anak-anak bisa memanfaatkan untuk menyalurkan hobi baca, sehingga tidak sampai kecanduan bermain game dihand phone, “ kata Wawan Hariyadi.

           Kegiatan diikuti oleh puluhan anak SD dengan didampingi para guru dan diundang pula Totok Martono, Wartawan,  penulis dan juga kolektor ribuan buku.

         Diuraikan Totok kebiasaan atau hobi membaca akan menjadikan anak lebih cerdas dan kreatif. Jika kebiasaan membaca terus dipupuk maka pengetahuan yang didapat pun semakin bertamah sehingga mampu memaksimalkan skill atau potensi diri yang sangat berguna di masa depan.

         “Banyak orang sukses yang lahir karena hobi membaca.  Bahkan tokoh nasional memiliki kebiasaan membaca seperti Ir. Soekarno,  Muhammad Hatta, SBY,  BJ. Habibie dan masih banyak lainnya, “ cetus Totok.

         Totok memotivasi para peserta untuk suka membaca agar bisa sukses meraih masa depan. Meski tinggal di desa pelosok jangan takut bermimpi menjadi orang sukses. “ Dalam catatan sejarah Tuban banyak melahirkan tokoh nasional seperti Hasyim Muzadi,  AS Hikam dan masih banyak lagi. Bahkan banyak pahlawan nasional seperti Letda Sucipto,  Basuki Rahmad lahir dari Tuban, “ beber Totok.

              Pustakawan dari Perpusda Tuban Nairatul Rohma menyampaikan Pemkab Tuban cukup intens dalam menumbuhkan minat baca masyarakat. Selain memiliki Perpustakakan daerah dengan koleksi puluhan buku,  juga sudah dibangun UPT Perpustakaan di 11 Kecamatan.

              Dalam acara tersebut juga digelar berbagai permainan yang dipandu Sunarti pemerhati anak. Diakhir acara anak-anak diajak untuk menikmati buku-buku bacaan dari mobil perpustakaan keliling Perpusda Tuban.  Direncanakan kelas literasi akan dilakukan berkesinambungan setiap satu minggu sekali. Dengan demikian akan menumbuhkan kecintaan anak pada dunia literasi (Totok Martono).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus