26 November 2021 12:13:01
Ditulis oleh Admin

Sinau Nang Ndeso (SINANDO) Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Provinsi Jawa Timur

            Ngino-semanding.desa.id. Memampukan dan memandirikan masyarakat, itulah salah satu impian dari Kepala Desa Ngino, Bapak Wawan Hariyadi. Dan salah satu cara adalah dengan adanya kegiatan-kegiatan yang mampu memfasilitasi masyarakat di desa untuk terus belajar, berkembang dan berani membuat sesuatu yang pada akhirnya membuat masyarakat akan “mampu dan mandiri”.

          Dilatarbelakangi dari komoditas pisang yang melimpah di Desa Ngino, menjadi sasaran yang tepat untuk diberlangsungkan kegiatan Inovasi produk olahan pisang. Dan kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sudah maupun belum memiliki bisnis atau usaha untuk menjadi ide brilian untuk dikembangkan.

          SINANDO yang dilaksanakan pada Selasa 19 Oktober 2021 hadir bersama pemerintah desa Ngino untuk menambah pengetahuan serta mengembangkan softskill bagi masyarakat dalam hal inovasi produk olahan pisang.

           Dihadiri oleh perwakilan DPMD Provinsi Jatim Bapak Novi, DPMD Kabupaten Tuban Bapak Setyawan dan pemateri yang luar biasa dari Ibu Tutut dari IKM Malang beserta tim nya yang super istimewa menjadikan kegiatan hari ini lancar. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang yang di dominasi ibu-ibu. Meskipun ada juga dari kalangan bapak-bapak tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar dan mengembangkan kemampuan diri.

       Selain pisang yang banyak digemari dalam bentuk buah saja, ternyata pisang juga akan memiliki keunggulan jika diolah menjadi produk olahan. Selai dan dodol adalah beberapa contoh produk olahannya.

           Di Kabupaten Malang, sebagai salah satu tempat yang memiliki destinasi yang cukup beragam, dodol dan selai banyak dikemas sebagai oleh-oleh wisata khas Malang. Dengan bahan dasar aneka buah yang banyak tumbuh disana tentu semakin mudah untuk membuat kreasi olahan buah menjadi produk seperti dodol dan selai.

        Selain proses membuat olahan dodol dan selai, peserta juga dijelaskan hingga proses kemas dan labeling. Tak lupa pemateri juga memberikan tips dan informasi seputar ijin usaha. Dan diakhir kegiatan dilakukan foto bersama. (WijayantiPR)

 

#Nginobestari

#Nginoloman



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus