02 Desember 2021 09:38:14
Ditulis oleh Admin

Inovasi 'WIS TA MAS?' Antarkan Desa Ngino Raih Juara I Lomba Desa Sehat Mata Kabupaten Tuban

                Ngino-semanding.desa.id. Desa Ngino kembali menorehkan prestasi atas inovasi yang dimiliki. Desa Ngino menjadi juara I Desa Sehat Mata yang diselenggarakan oleh Yayasan Paramitra dalam rangka  memperingati hari penglihatan mata sedunia. Penyerahan hadiah dilaksanakan di pantai mangrove Tuban, jum’at ( 26/11/2021 ).

           Lomba tersebut bertujuan memberikan apresiasi kepada desa yang sudah mendeklarasikan diri menjadi desa sehat mata agar terus meningkatkan layanan di lokasi desa sehat mata.

           Desa Ngino merupakan satu-satunya Desa di Kecamatan Semanding yang mendeklarasikan diri sebagai Desa Sehat Mata yang diresmikan oleh Camat Semanding, Drs. Danarji, MM pada November tahun 2020 lalu. Kegiatan di desa sehat mata setelah deklarasi antara lain :

  1. Rapat koordinasi penyusunan program kerja dan sosialisasi kesehatan mata
  2. Skrining gangguan penglihatan
  3. Kolaborasi dengan dokter puskesmas skrining dan sosialisasi kesehatan mata di posyandu lansia dan remaja
  4. Pendampingan pasien operasi
  5. Home visit follow up dan edukasi pasien
  6. Peringatan Hari Lanjut Usia yang dilakukan di Polindes
  7. Pemasangan banner dan pojok skrining kesehatan mata di Wisata Sendang Asmoro

           Inovasi Desa Ngino sebagai Desa Sehat Mata adalah “Wis Ta Mas ?” ( Wisata Sadar Sehat Mata Masyarakat ). Menjadikan Wisata Sendang Asmoro sebagai wisata edukasi sehat mata yaitu dengan adanya pojok skrining kesehatan mata. Semua pengunjung bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri dipojok skrining mata dengan mengikuti banner petunjuk yang telah disediakan.

            Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi juga turut mengikuti sharing Desa Sehat Mata Kabupaten Tuban, Rabu ( 22/9/2021 ) sebagai upaya membangun sistem layanan kesehatan mata yang inklusif, komprehensif, replikatif di Kabupaten Tuban. ( Admin/LA )



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus