SELAMAT HARI JADI KE - 727 KABUPATEN TUBAN

Artikel

Tradisi Sedekah Bumi Desa Ngino

13 Mei 2022 09:48:06  Admin  390 Kali Dibaca  Berita Desa

Ngino-semanding.desa.id. Ada pemandangan yang berbeda di Sendang Asmoro, Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban pada Rabu ( 11/05/2022 ). Jika biasanya Sendang Asmoro ramai oleh pengunjung, kali ini selain pengunjung Sendang Asmoro juga diramaikan oleh masyarakat setempat yang turut mengikuti acara sedekah bumi atau masyarakat biasanya menyebut “manganan”.

Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia-Nya yang diberikan kepada warga serta sebagai simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam yang mana selalu memberikan manfaat kepada manusia secara luas. Sedekah bumi sekaligus juga dimaksudkan sebagai doa permohonan masyarakat Desa Ngino agar diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala/ wabah pandemic yang masih melanda.

Pelaksanaan ruwahan sedekah bumi dipimpin oleh Sesepuh Desa Ngino yaitu Mbah Ruslan. Dihadiri oleh Forkopimka Kecamatan Semanding, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Ngino.

Sebelum ruwahan sedekah bumi dimulai, pada pagi harinya dilakukan ritual “duduk sumberan” atau membersihkan sumber mata air yang terdapat di Sendang Asmoro. Ritual ini hanya bisa dilakukan oleh “Ahli Waris” dari leluhur yang turun temurun membersihkan sumber mata air. “Duduk sumberan“ dimaksudkan sebagai penghormatan kepada penjaga di sumber mata air tersebut.

Hidangan yang disajikan dalam sedekah bumi beraneka ragam. Mulai dari nasi putih, ayam panggang atau ayam goreng beserta lodeh lainnya, jajanan, buah-buahan, dan makanan hasil bumi lainnya.

Setelah dua ( 2 ) tahun hiburan dalam sedekah bumi vakum, tahun ini mempunyai kesempatan menampilkan hiburan langen tayub dengan catatan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Desa Ngino II periode, Wawan Hariyadi menuturkan bahwa sedekah bumi merupakan warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu. Tradisi sedekah bumi, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun yang juga sebagai wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

“Oleh karena itu mari kita lestarikan warisan budaya ini sekaligus sebagai upaya menjaga silaturahmi warga”, tambahnya. (Admin/LA)

 

#Nginobestari

#Nginoloman

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Website Resmi Tuban
Taprose Temanku
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
MPP Tuban
DTKS Kemensos
Prodeskel

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Dermawuharjo No. 19 Semanding
Desa : Ngino
Kecamatan : Semanding
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62381
Telepon :
Email : desangino@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.053
    Kemarin:708
    Total Pengunjung:396.919
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.154.240
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 173.635 Kali
Sejarah Desa
30 April 2014 | 173.620 Kali
Pengurus PKK
24 Agustus 2016 | 173.620 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 173.618 Kali
Visi dan Misi
30 April 2014 | 173.617 Kali
RT RW
29 Juli 2013 | 173.615 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
29 Juli 2013 | 173.614 Kali
Badan Permusyawaratan Desa