Desa Ngino Masuk 40 Besar Pemenang Desa Brilian 2022 se-Indonesia !

  • Nov 20, 2023
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban ditetapkan masuk dalam 40 besar Desa Brilian se-Indonesia.

Program Desa BRilian adalah Desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek utama. Mulai dari BUMDes aktif sebagai penggerak ekonomi desa, digitalisasi yang terimplementasi di desa yang menggunakan produk BRI (BRILink, Web Pasar, Stroberi).  Juga aspek inovasi sebagai desa kreatif yang memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. Terakhir adalah sustainability sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui sektor usaha unggulan desanya.

Tujuan adanya Desa BRIlian yaitu meningkatkan kualitas pengelolaan desa yang menginspirasi untuk memajukan desa dan BUMDes serta sebagai bentuk penghargaan yang akan menampilkan desa yang berkepedulian sosial, menggerakan perubahan, dan berperan inovatif memotivasi orang di sekitarnya untuk maju.

Sebeleumnya Desa Ngino berkesempatan mengikuti Pelatihan Desa Brilian 2022 melalui zoom meeting selama lima ( 5 hari ) di bulan Juli dan Agustus 2022. Setiap pertamuan membahas materi yang berbeda, diantaranya :

  1. Kepemimpinan Kolaboratif
  2. Pemahaman Kebutuhan Pemangku Kepentingan
  3. Pengelolaan Sumber Daya
  4. Digitalisasi Desa
  5. Pengembangan Bisnis Model Desa
  6. Cara Berinovasi Melalui Potensi Desa
  7. Public Speaking
  8. Negotiation Skill
  9. Mindset Tanggung Jawab Sosial
  10. Konsep dan Implementasi ESG di Desa

Adapun peserta yang mengikuti Pelatihan adalah Kepala Desa Ngino, Direktur BUMDes Subur Raharjo, Perwakilan BPD atau Tokoh Masyarakat, Perwakilan Kelompok Usaha atau Ibu-ibu PKK, serta Pelaku Usaha Muda atau Karang Taruna.

Selepas pelatihan, Desa diminta untuk mengirimkan tugas sebagai bahan penilaian Desa Brilian, seperti berkas RPJM Desa, RKP Desa, Video Profil Desa, dan lain-lain.

Dengan masuk 40 Besar Desa Brilian 2022 menambah semangat Desa Ngino untuk terus berkembang menuju Desa maju dan sejahtera. Diharapkan nantinya  juga bisa menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya. ( Admin/LA )