Program "BRI Menanam" di Desa BRILian Desa Ngino

  • Nov 20, 2023
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara konsisten terus merealisasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG). Sehubungan dengan Program ESG tersebut BRI Branch Office Tuban menginisiasi Program “BRI Menanam” pada Jum’at ( 04/11/2022 ) bertempat di Taman Rimba Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.

Program BRI Menanam merupakan bentuk tanggung jawab PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai BUMN untuk menjaga keseimbangan dan penguatan aspek lingkungan.

Program ini akan dilaksanakan bertahap hingga tahun depan. Untuk tahun ini, pelaksanaan program dilakukan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tuban. Salah satunya di Desa Ngino Kecamatan yang merupakan Desa BRILian.

BRI Menanam merupakan inisiatif BRI dengan menyalurkan bibit pohon. Jenis bibit tanaman yang diberikan ialah jenis pohon produktif yaitu bibit pohon alpukat, matoa, dan sawo kecik. Sebanyak 150  bibit pohon ditanam di Taman Rimba. Selain dapat menyerap karbon, jenis tanaman tersebut juga dapat memberikan nilai lebih bagi masyarakat, karena buahnya dapat dikonsumsi bahkan bernilai ekonomi.

Bapak Camat Semanding, drh. R. Cipta Dwi Priyata berpesan agar kegiatan ini tidak hanya menanam melainkan harus mampu merawat guna memberi manfaat.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan hadiah bagi Desa Ngino sebagai 40 besar pemenang Desa BRILian urutan ke-12 se-Indonesia.

Wawan Hariyadi, Kepala Desa Ngino menyampaikan terima kasih kepada BRI atas pendampingan dan dukungannya dalam Desa BRILian serta berterima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Desa Ngino berupa uang non tunai sebesar Rp.10.000.000,00 yang diperuntukkan guna menunjang kegiatan produktif desa.

“Program BRI Menanam sangat mendukung untuk menyelamatkan sumber mata air ke depan serta mampu meminimalisir terjadinya bencana banjir. Disisi lain semoga penanaman bibit pohon produktif ini mampu memberi manfaat dan kesejahteraan bagi banyak orang”, tambah Kepala Desa II Periode tersebut.       ( Admin/LA )