Studi Tiru, Kampung KB Desa Sumurgung Berkunjung Ke Kampung KB Desa Ngino

  • Nov 20, 2023
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. Sebagai Kampung KB Percontohan di Kabupaten Tuban, Kampung KB Desa Ngino menerima kunjungan dari Kampung KB Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban dalam rangka Studi Tiru Kampung KB, Sabtu ( 24/9/2022 ).

Hadir dalam rombongan Kepala Desa Sumurgung beserta perwakilan Perangkat Desa dan Kader Kampung KB Desa Sumurgung.

Studi tiru yang dimaksud bertujuan untuh menambah wawasan dan pengetahuan terkait apa yang seharusnya ada di dalam Kampung KB sebagai upaya peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat .

“Kunjungan ini sudah lama kami rencanakan, tetapi pelaksanaannya baru bisa hari ini, terang Kepala Desa Sumurgung Bapak Prayitno.

Beliau menambahkan bahwa kunjungan ke Desa Ngino merupakan tujuan yang tepat karena selain Kampung KB Desa Ngino merupakan Kampung KB Percontohan di Kabupaten Tuban, Desa Ngino juga menyambut tamu dengan suasana penuh kekeluargaan.

“Disini kami berharap bisa belajar banyak hal guna mengembangkan Kampung KB Desa kami. Oleh karenanya kami mohon motivasi, arahan, dan wawasan dari Desa Ngino,”tambah beliau.

Wawan Hariyadi, Kepala Desa Ngino menanggapi kunjungan tersebut semestinya bukan dalam rangka studi tiru, tetapi diniatkan saja sebagai silaturahmi. Karena Kampung KB Desa Ngino ini juga masih perlu banyak belajar. Oleh karenanya Pak Wawan mengajak Desa Sumurgung bergandengan tangan untuk belajar bersama dalam pengembangan Kampung KB di Desa masing-masing.

Dalam kunjungan, Kader Kampung KB  Desa Ngino berkesempatan menyampaikan sedikit pemaparan terkait Kampung KB. Dilanjutkan dengan sharing.

Bidan Desa Ngino, Sunarmi turut memberikan penjelasan tentang Kampung KB Desa Ngino terutama inovasi-inovasi di bidang kesehatan yang bisa di ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ) di Desa Sumurgung.

Secara khusus, Kampung KB ini dibentuk untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait.

Oleh sebab itu Kampung KB ini diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) dari sebuah desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Diakhir kunjungan, rombongan Kampung KB Desa Sumurgung mengunjungi Rumah DataKu dimana pusat data berada disana, mulai dari profil kampung KB, struktur organisasi, kantong wasiat, dan lain -lain. ( Admin/LA )