Lagi, Desa Ngino Ikuti Bimtek Desa Cantik

  • Jul 11, 2024
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. Dengan ditetapkannya menjadi Pilot Project Desa Cantik ( Desa Cinta Statistik ) pada tahun 2021, Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban mendapatkan pendampingan berupa Pelatihan Pembinaan Desa Cantik dari Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban untuk yang kesekian kalinya. Hari ini, Kamis (11/07/2024) bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Kecamatan Semanding, Desa Ngino berkesempatan lagi mendapatkan Bimtek pengelolaan data statistik Desa.

Dari yang awalnya hanya menyasar 4 Desa di Kabupaten Tuban, kini pembinaan Desa Cantik rencananya akan diperluas hingga ke 328 Desa di seluruh Kabupaten Tuban secara bertahap.

“Desa Cantik ini kami sambut dengan antusias mengingat pentingnya akan manfaat sebuah data, terang Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Semanding, Novem Hery Saputro, A.Md yang dalam hal ini mewakili Bapak Camat Semanding.

Desa Cantik adalah program pendampingan atau pembinaan bagi Perangkat Desa / Kelurahan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat maupun Masyarakat dalam penyelenggaraan statistik.

Perlunya dibentuk Desa Cantik karena saat ini meski di desa tersedia  berbagai sistem aplikasi, tetapi pengelolaan dan pemanfaatan data statistik desa yang digunakan dalam pengambilan kebijakan relatif masih rendah. Dalam hal ini BPS sebagai leading sector dalam pengembangan statistik memiliki peran penting dalam peningkatan pengelolaan, pemanfaatan, dan literasi data ditingkat desa.

SI DESA CANTIK ( Sistem Informasi Desa Cinta Statistik ) ini memuat berbagai data. Mulai dari data luas wilayah, pemerintahan, kependudukan dan ketenagakerjaan, pertanian, sosial ekonomi, dan lain sebagainya. Output dari aplikasi ini bisa diintegrasikan menjadi satu pintu dengan Tuban Portal Satu data. Pun bisa dicetak menjadi sebuah buku sebagai profil data desa.  ( Admin/LA )