Sosialisasi Dapur B2SA

  • Aug 28, 2024
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. Masih dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam upaya pencegahan stunting, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban melaksanakan Sosialisasi Dapur B2SA ( Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman ), Selasa (27/08/2024 ) di BPP Kecamatan Semanding.

Hadir dalam kegiatan Tim Perwakilan TP PKK Kabupaten Tuban, Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Semanding, Narasumber, serta 20 peserta sosialisasi dari 5 Desa di Kecamatan Semanding.

Perlu diketahui makanan B2SA adalah aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan Kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut dijelaskan cara menyusun menu B2SA untuk satu keluarga dalam sehari, diantaranya:

  1. Tentukan komposisi atau susunan anggota keluarga
  2. Tentukan porsi kebutuhan pangan sesuai kebutuhan gizi
  3. Pilih jenis bahan pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman
  4. Pilih rencana pengolahan yang sesuai ( resep makanan )
  5. Susun menu B2SA sesuai dengan kebutuhan, pilihan dan kebiasaan makan keluarga

Berikut tabel komposisi makanan untuk memenuhi Angka Kecupukan Gizi ( AKG ) per hari :

 

Dalam kesempatan yang sama disediakan bahan makanan untuk masing-masing tim per desa. Dari bahan makanan tersebut peserta harus menghitung porsi kebutuhan dalam satu keluarga dan menentukan pengolahan bahan makanan, dilanjutkan dengan praktik memasak.

Sosialisasi dapur B2SA diharapkan mampu dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari agar mampu meningkatkan kualitas pola konsumsi pangan masyarakat. Ada dua kemungkinan akibat yang ditimbulkan jika tidak mengkonsumsi makanan B2SA yaitu obesitas ( rentang diabetes, jantung, dan hipertensi ), dan gizi buruk ( stunting, kurang cerdas, sering sakit hingga kematian ). (Admin/LA)