Lolos ! Desa Ngino Masuk 114 Desa Terbaik se-Jawa Timur Dalam APJW 2024

  • Sep 06, 2024
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. Dalam rangka Anugerah Patriot Jawi Wetan ( APJW ) II 2024, dari 8.494 Desa atau Kelurahan sasaran, sebanyak 114 Desa atau Kelurahan terbaik di Provinsi Jawa Timur dinyatakan lolos tahap verifikasi data oleh tim juri pusat. Dikabupaten Tuban sendiri tiga Desa yang lolos diantaranya Desa Ngino Kecamatan Semanding, Desa Rengel Kecamatan Rengel, serta Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang.

Ketiga Desa yang lolos tersebut mengikuti workshop publikasi Desa atau Kelurahan melalui zoom pada Selasa ( 13/08/2024 ) bertempat di Polres Tuban. Peserta workshop antara lain Kades atau Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Sekdes, dan perwakilan perangkat.

Beberapa materi penting yang disampaikan dalam zoom antara lain tentang UU ITE oleh narasumber Bidhumas Polda Jatim, dan materi tentang Etika dan bijak bersosial media oleh narasumber dari Pendam V/Brawijaya. Dilanjutkan materi tentang literasi digital, keamanan data, problem literasi digital , teknis pembuatan konten video dan podcast yang menarik dari Kominfo Provinsi Jawa Timur. Diakhir disampaikan materi dari Harian Disway tentang tips menembus media massa, mengelola medsos dan fotografi.

Anugerah Patriot Jawi Wetan Adalah pemberian penghargaan untuk tiga pilar desa atau kelurahan yakni, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Kepala Desa atau Lurah yang mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara baik dalam tugas maupun di luar tugasnya.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78, HUT TNI ke-79 dan Hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-79. Sekaligus merupakan bentuk kerja sama antara Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim, Akademisi ( Unair ), dan Harian Disway.

Pemenang kategori diantaranya Kategori Inovasi Harkamtibmas, Kategori Inovasi Pembinaan Teritorial Aparat Komando Kewilayahan (pertahanan), Kategori Inovasi Pembangunan danPelayanan Publik, Kategori Sinergi Antarlembaga, Kategori Partisipasi Masyarakat, Kategori Komunikasi Publik atau Pemanfaatan Media, Kategori Implementasi Program Nasional atau Provinsi.

Adapun penilaian terkait dengan keamanan dan ketertiban Masyarakat, pembangunan dan pelayanan Masyarakat, serta penguatan ketahanan nasional dan keamanan masyarakat.

Bagi 114 Desa yang lolos ke tahap II akan diadakan penjurian online melalui zoom. Selanjutnya di tahap akhir dilakukan penjurian lapangan ke 20 besar Desa atau Kelurahan terbaik dengan prinsip setiap Kabupaten atau Kota bisa lebih dari 1 Desa atau Kelurahan.

Sementara untuk malam penganugerahan Awarding Night diselenggarakan pada Kamis, 24 Oktober 2024 Pukul 18.30 WIB di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Penganugerahan diberikan kepada 10 besar desa/kelurahan terbaik APJW 2024. (Admin/LA)