Nguri-uri Budoyo Jawi : Manganan Sendang Asmoro

  • Jul 24, 2024
  • Ngino

Ngino-semanding.desa.id. Nampak berbeda dari biasanya, Sendang Asmoro Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban  Rabu, (24/7/2024) tidak hanya ramai oleh pengunjung, melainkan juga diramaikan masyarakat setempat yang turut mengikuti acara sedekah bumi atau biasa disebut “manganan”.

Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia-Nya yang diberikan kepada warga serta sebagai simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam yang mana selalu memberikan manfaat kepada manusia secara luas. Sedekah bumi sekaligus juga dimaksudkan sebagai doa permohonan masyarakat Desa Ngino agar diberikan keselamatan, kesehatan, serta rejeki yang melimpah.

Pelaksanaan ruwahan sedekah bumi dipimpin oleh Sesepuh Desa Ngino. Pagi, sebelum ruwahan sedekah bumi dimulai dilakukan ritual “duduk sumberan” atau membersihkan sumber mata air yang terdapat di Sendang Asmoro. Ritual ini hanya bisa dilakukan oleh “Ahli Waris” dari leluhur yang turun temurun membersihkan sumber mata air. “Duduk sumberan“ dimaksudkan sebagai penghormatan kepada penjaga di sumber mata air tersebut.

Hidangan yang disajikan dalam sedekah bumi beraneka ragam. Mulai dari nasi putih, ayam panggang dan lain sebagainya beserta lauk pauk, jajanan, buah-buahan, dan makanan hasil bumi lainnya.

Kepala Desa Ngino II periode, Wawan Hariyadi menuturkan bahwa sedekah bumi merupakan warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu. Tradisi sedekah bumi, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun yang juga sebagai wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Tradisi ini kerap digelar setiap satu tahun sekali.

“Oleh karena itu mari kita lestarikan warisan budaya ini sekaligus sebagai upaya menjaga silaturahmi warga”, tambahnya. (Admin/LA)

 

#Nginobestari

#Nginoloman